-->

Perlukah TAX/Pajak Akun Adsense Kanada?

TAX Adsense Kanada

Sebagai para bloggers yang meraup receh pada akun Adsense, tentu telah mencoba setiap akun adsense berbagai negara, terutama negara-negara yang ada di Payoneer. Namun setiap kelebihan yang dimiliki itu yaitu CPC yang besar, tidak sedikit juga negara-neagara yang mewajibkan pajak sesuai ketentuan negara tersebut. Sebut saja negara Kanada dan Uni States atau US yang mewajibkan pengguana Adsense dalam membayar pajak.

Nah, kali ini kita akan membahas negara Kanada yang juga mewajibkan pajak jika kita menggunakan Adsense negara tersebut.

Pada akun Adsense US, paa publisher memang harus membayar pajak terlebih dahulu sebalum kita PO dengan cara memasukan nomor wajib pajak negara tesebut. Jika itu tidak dimasukan, jangan harap kita bisa PO, karena itu diwajibkan.

Lalu bagaimana dengan akun Adsense Kanada? Selama saya menggunakan akun Adsense Kanada, saya tidak pernah memasuki info paja pada tab pembayaran meskipun ada permintaan.

Jadi untuk kesimpulannya, TAX pada akun adsense kanada tidak dibutuhkan (tidak wajib) dan anda masih bisa PO.

Update: Mulai 1 Oktober 2019, invoice akan dikeluarkan oleh PT Google Indonesia sebagai reseller layanan. Untuk mematuhi peraturan pajak setempat, semua penjualan Google Ads di Indonesia akan dikenakan PPN sebesar 10%. Perubahan ini akan memengaruhi akun Google Ads dengan alamat penagihan di Indonesia.

Jika ingin melakukan pemotongan pajak 2% atas pembayaran Anda, Anda wajib mengirimkan bukti fisik pemotongan pajak yang asli ("Bukti Potong") kepada Google untuk mencegah saldo terutang di akun Anda.

Bagi pelanggan dengan status Pemungut PPN, Anda diwajibkan untuk memberikan Bukti Pembayaran PPN ("Surat Setoran Pajak (SSP)") kepada Google dengan mengirimkan dokumen fisik asli yang sudah ditandatangani. Pelajari Tentang status Pemungut PPN lebih lanjut.

Happy Blogging!

1 Response to "Perlukah TAX/Pajak Akun Adsense Kanada?"